Selasa, 05 April 2016

Pendakian gunung sumbing

Tanggal 23 desember 2015 saya mulai perjalanan dari karawang untuk mendaki gunung sumbing. Pukul 22.00 saya berangkat dari karawang menuju basecamp Garung Wonosobo. Kali ini kami beranggotakan 5 orang, dan semua nya adalah laki laki,seperti pendakian biasanya saya selalu mendaki bersama sama teman satu kampus tapi untuk pendakian kali ini ada pengalaman terbaru saya berangkat bersama teman kenalan pendaki dari medsos,mereka berempat berangkat dari terminal kampung rambutan sementara saya berangkat dari terminal klari karawang dan kami sepakat berkumpul di  terminal wonosobo,Ini merupakan pertama kalinya saya mendaki gunung Sumbing.

perjalanan dari karawang-wonosobo menempuh waktu kurang lebih 16 jam Setelah melalui perjalanan yang melelahkan akhirnya pukul 16.00 kami sampai di basecamp Garung. saat ini gunung merupakan tempat wisata idaman, walaupun akibatnya banyak sampah yang tertinggal akibat ulah orang yang tidak bertanggung jawab. Kami melakukan registrasi di basecamp. Perorang dikenai biaya 8 ribu

Pukul 16.45 kami mulai pendakian. Dari basecamp menuju pos 1 anda bisa memilih jalan kaki atau naik ojek. Jarak basecamp ke pos 1 sejauh 3 km dari total 7 km jarak dari basecamp ke puncak. Kalau jalan kaki dibutuhkan waktu 2,5 jam sampai ke pos 1, sedangkan dengan ojek hanya membutuhkan waktu 15 menit. Kami putuskan untuk naik ojek dari basecamp ke pos 1. 1 orang dikenai bayaran 25.000 rupiah. Naik ojeg disini mungkin lebih menanatang karena penumpang nya itu duduk di depan,berbeda dengan ojek yang biasanya kita tumpangi sehari hari, pukul 17.00 kami sampai di pos 1 Malim, di pos 1 terdapat pos ojek dan warung tempat pendaki beristirahat. Di warung ini disediakan aneka gorengan dan minuman. Perjalanan pun kami lanjutkan ke pos 2.
setelah kami sampai di pos 2 kami istirahat sebentar,pos 2 ini bisa didirikan beberapa tenda. setelah istirahat sejenak kami melanjutkan perjalanan menuju pos 3. Perjalanan menuju pos 3 didominasi oleh tanjakan yang curam dan bisa menguras tenaga.
Pukul 20.30 kami sampai di pos 3. Kami hanya beristirahat sejenak di pos 3 dan melanjutkan perjalanan. setelah beberapa menit dari pos 3 ada tempat mendirikan tenda sebelum Pestan. Disini sudah banyak tenda yang dipasang oleh pendaki lain. Kami putuskan untuk mendirikan tenda disini.
Sebenarnya kami mengejar sunrise, tapi karena cuaca yang dingin mengakibatkan malas untuk bangun. pukul 03.00 kami bersiap-siap untuk perjalanan menuju puncak.. jalur yang menanjak berbatu mengiringi perjalanan kami. Setelah menempuh perjalanan yang melelahkan akhirnya kami sampai di Pasar Watu. Di pasar watu ini ada pertigaan, berdasarkan papan penunjuk diarahkan untuk mengambil jalur kiri.. Sampai di watu kotak ada beberapa tenda dan pendaki yang beristirahat. Setelah beristirahat sejenak kami lanjutkan pendakian menuju puncak. . sebelum sampai ke puncak ada pertigaan, apabila lurus akan ke puncak buntu sedangkan apabila ke kanan akan ke puncak kawah. kami ambil ke kanan untuk menuju puncak kawah karena puncak kawah lebih tinggi dari puncak buntu.pukul 06.30 kami sudah berada di puncak kawah.ternyata di puncak kami bertemu teman pendaki yang biasa naik bareng kami,ternyata dari sekian banyak pendaki yang naik ke gunung sumbing,akhirnya kami bertemu sahabat kami yang terakhir muncak bareng sekitar 8 bulan yang lalu.

Pukul 08.00 setelah puas berfoto ria kami putuskan untuk kembali ke tenda.sesampai di tenda kami istirahat,Setelah cukup beristirahat kami mulai membuka tenda dan bersiap untuk turun ke basecamp. Pukul 13.00 kami mulai perjalanan turun. Pukul 15.30 kami sampai di pos 1 dan kami lanjutkan berjalan kaki untuk sampai ke basecamp Pukul 17.00 kami sampai di basecame kami meninggalkan basecamp Garung pada pukul 19.00 dan memutuskan untuk  langsung menuju basecame kledung untuk melanjutkan perjalanan ke gunung sindoro,
Nantikan cerita selanjutnya pendakian ke gunung sindoro
Demikianlah catatan perjalanan kami mendaki gunung Sumbing via Garung. Semoga ada manfaatnya buat para pembaca. Terima kasih.